Tuesday, May 12, 2020

Listrik statis Untuk PJJ tugas LPMP

Assalamualaikum Wr Wb

Berjumpa lagi dengan Bapak dalam pembelajaran jarak jauh SMPN 266 Jakarta khususnya pelajaran IPA.
hari ini kita akan membahas materi tentang listrik statis.

sebelum kita belajar kita berdoa kepada Allah SWT semoga Virus corona yang saat ini menjadi pandemi di negara kita dapat segera teratasi, dan tentunya kita berharap juga paksinnya dapat segera di ketemukan. agar kita bisa beraktifitas normal seperti semula. amiin ya robbal alamiin. dan bapak berpesan kepada kalian untuk tidak keluar rumah selama PSBB diberlakukan di Jakarta.

Anak-anak ku sekalian listrik statis secara bahasa adalah listrik diam. atau tidak terjadi secara terus-menerus. hal sebaliknya adalah listrik dinamis, yaitu aliran listrik yang terjadi secara kontinyu dan terus menerus.

Benda dikatakan bermuatan listrik apabila benda mengalami kelebihan elektron, sedangkan benda yang tidak memiliki kelebihan elektron dikatakan benda tidak bermuatan.

misalkan ada benda A yang kelebihan elektron di hubungkan dengan benda B yang kekurangan elektron, maka akan ada aliran elektron dari benda A menuju benda B. aliran elektron dari benda A ke benda B melalui kawat penghantar dinamakan LISTRIK. jadi listrik adalah aliran elektron.

untuk mengetahui benda bermuatan listrik yang paling sederhana adalah dengan menggosokkan penggaris mika di rambut yang kering, atau menggosokkan kaca dengan kain sutera.

mula-mula penggaris mika tidak bermuatan listrik, kemudian kita gosok dengan rambut yang kering atau  kain wool, electron dari rambut akan berpindah ke penggaris mika, sehingga penggaris mika kelebihan electron.

Kita tidak dapat melihat kalau penggaris kelebihan electron hal ini karena electron sangat kecil ukurannya dan termasuk benda mikroskopis. Untuk mengetahui benda bermuatan listrik kita dapat menggunakan alat ukur yang dinamakan elektroskop. Jika kita dekatkan benda bermuatan dengan elektroskop maka daun-daun elektroskop akan menjauh. Berarti benda bermuatan listrik. 

Hal sederhana dapat juga kita menggunakan potongan kertas kecil kemudian kita dekatkan dengan penggaris mika yang sudah digosok, maka potongan-potongan kertas akan tertarik menempel pada penggaris mika.

Hal ini dapat di jelaskan karena electron yang bermuatan negative akan menarik potongan kertas yang bermuatan positif.

Sampai di sini bapak anggap kalian sudah bias memahami tentang dasar listrik statis. Pada tingkat lanjut kita akan menghitung besar gaya tarik antara dua muatan listrik.

Sekian video singkat dari bapak tentang listrik statis. Untuk lebih jelasnya kalian dapat membuka blog bapak yang akan membahas tentang listrik statis di rusdi266.blogspot.com jangan lupa beri masukan dan komentar kalian. Atau subscribe video bapak di channel youtube.

Sampai bertemu kembali

Wassalamualaikum Wr Wb

Untuk menyimak vidio listrik statis bisa buka link di bawah ini







No comments:

Post a Comment

PENGENALAN SEL DAN MIKROSKOP

 Assalamualaikum anak anak murid bapak semuanya... Apa kabar kalian semoga sehat ya... berikut ini bapak membuat TTS untuk menambah pemahama...