Friday, May 15, 2020

MEREKAN VIDEO DENGAN ZOOM MEETING UNTUK MEMBUAT TUGAS SEKOLAH ATAU MEDIA PEMBELAJARAN

(Oleh-oleh Pelatihan Jarak Jauh LPMP 12 Mei 2020)

Assalamualaikum Wr Wb

Zoom adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan kita dapat melakukan pertemuan secara audio dan vidio. Dapat dilakukan beberapa orang. sehingga sering dipakai untuk melakukan rapat secara onlen, Pembelajaran dan pelatihan onlen, pertemuan keluarga onlen dsb.

Selain itu ada rahasia dari zoom lainnya yaitu dapat di gunakan untuk merekan video sederhana, misalnya untuk membuat video tugas sekolah atau membuat media pembelajaran. Keunggulan video yang di rekanm dengan zoom adalah, sederhana, praktis, mudah, output nya mp4. dan tentunya kapasitasnya sangat pas untuk ukuran di share ke medsos seperti wa, fb, atau youtube.

Langkah-langkah membuat video dengan zoom dengan Komputer / Laptop (hal yang mirip dengan Android pada hp) :

1. Jalankan aplikasi zoom dari desktop.
2. Sampai muncul My Personal Meeting ID
3. Pilih Start
4. tunggu beberapa detik   "connecting ..."
5. Pilih "join with computer audio"
6. pilih "start video"
7. pilih "more" kemudian pilih "record on this computer"

sampai sini kita bisa "ngomong apa saja yang kira-kira ingin kita sampaikan di depan laptop / PC kesayangan kita. supaya videonya tidak membosankan harus dipersiapkan apa yang ingin di sampaikan. Jika sudah selesai bicara bisa tekan tombol stop tanda petak di kiri atas atau "alt + R".

8. pilih "end" di kanan bawah layar, kemudian pilih "end all meeting" zoom akan mensave file rekaman kita dalam mp4.

9. Untuk melihat file rekaman, tersimpan dalam folder c:/ --Documents--zoom--tanggal rekaman-- nama filenya adalah zoom0.

Sampai disini kita bisa merubah nama filenya  dengan klik kanan pada nama file --rename agar mudah dalam memanajemen file.

OK sampai di sini dulu semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr Wb.









No comments:

Post a Comment

PENGENALAN SEL DAN MIKROSKOP

 Assalamualaikum anak anak murid bapak semuanya... Apa kabar kalian semoga sehat ya... berikut ini bapak membuat TTS untuk menambah pemahama...