Wednesday, May 6, 2020

CARA MEMILIH SEKOLAH LANJUTAN

Assalamualaikum Wr Wb


Anak-anak ku sekalian. sebagaimana kita ketahui bahwa sebentar lagi kalian akan pindah ke sekolah baru. untuk melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya. agar proses kepindahan kamu ke sekolah baru berjalan lancar dan tidak ada kendala, maka perlu kiranya kalian perhatikan pertimbangan dalam memilih sekolah lanjutan.

Berikut ini TIPS dan TRIK memilih sekolah sebagai bahan masukan untuk memutuskan melanjutkan ke sekolah pilihan kamu.

1. PILIH BERDASARKAN ZONASI

Maksudnya adalah pilihlah sekolah yang terdekat dengan rumah kamu, atau mudah di jangkau. jika kamu memilih sekolah yang jauh nanti akan ada banyak masalah saat masuk sekolah sering telat, terlambat atau bahkan sering tidak masuk. dan bisa saja menjadi kendala dan masalah. Kemacetan tak mungkin kita bisa hindari, dan sekolah yang jauh tentu membutuhkan biaya transfortasi yang cukup selain itu masuk sekolah jam 06:30 berarti kamu dari rumah harus jam 5:30 supaya tidak telat. Supaya aman pilihlah sekolah terdekat dengan rumah kita.

Contoh : Jika rumah kamu di Cilincing, kamu ingin memilih SMK jurusan Akuntansi, maka yang paling dekat adalah SMK 49. jika kamu memilih SMK 12 Tg. priok menurut Bapak cukup jauh dari Cilincing, kecuali kalau kamu setiap hari di antar oleh Ayah/Ibu/Ojek onlen. mengerti maksud Bapak. Tetapi jika rumah kamu di Lagoa, kamu ingin memilih sekolah SMK, menurut bapak lebih dekat ke SMK 12 dari pada ke SMK 49. jadi pilihlah sekolah yang paling dekat dengan lokasi rumah kamu.

2. PILIHLAH SEKOLAH BERDASARKAN PEMINATAN

Pilihlah SMK atau SMU. Jika kamu memilih SMK kamu akan di ajarkan pelajaran pelajaran kejuruan dan keahlian. kalian akan di ajarkan praktek-praktek kerja sesuai jurusan. dan di harapkan lulusan SMK sudah dapat mengambil posisi di dunia kerja. tetapi bukan berarti lulusan SMU tidak siap kerja. jika kamu orang yang pandai bergaul keahlian-keahlian itu bisa saja kamu dapatkan dari belajar sendiri atau belajar melalui internet atau belajar dari orang lain.

Apakah dari SMK bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan ? tentu saja bisa sesuai dengan jurusan yang kalian miliki. contoh jika kalian SMK jurusan teknik mesin kalian bisa melanjutkan Kuliah ke jurusan Teknik Mesin atau Teknik yang lainnya yang linear. hal sebaliknya jika kamu melilih jurusan akutansi kemudian ingin melanjutkan kuliah ke teknik mesin, tentu ini tidak linear dan bisa saja menjadi kendala saat kuliah nanti karena tidak cocok jurusan.

Begitu juga jika kamu memilih SMU ingin melanjutkan kuliah tentu sesuai dengan peminatan dan jurusan waktu SMU. tujuannya supaya terjadi linearitas dan ilmu yang kita dapatkan sesuai dengan dasar-dasar ilmu yang kamu miliki.

Bagaimana jika hanya mampu sekolah di SMU kemudian tidak kuliah karena tidak ada biaya... misalnya... ya gpp, tetapi untuk dapat langsung bekerja kamu harus banyak temen, banyak relasi dan pandai bergaul serta memiliki kecakapan kepribadian yang cukup, dan tentusaja banyak berdoa dan bersahaja.  INGET "DOA YANG BERULANG-ULANG ITU SEPERTI KITA MENGGAYUH SEPEDA, LAMA KELAMAAN AKAN SAMPAI JUGA" Man Jadda Wa Jadda.

Bagusnya pilih SMU atau SMK ? kedua dua nya bagus, kamu harus pilih salah satu. jika kamu memilih dan memutuskan melanjutkan sekolah, berarti kamu sudah melaksanakan program wajib belajar 12 tahun. saran Bapak jika sekolah SMU lebih deket dari rumah kamu dibandingkan SMK, sebaiknya pilih SMU aja. karena dari SMU kamu bisa juga mengikuti program Pelatihan Tenaga Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja. jadi walaupun lulusan SMU bisa saja memiliki kemampuan ketenagakerjaan untuk bekal keahliah dalam bekerja.

3. PILIHLAH SEKOLAH BERDASARKAN RESTU KEDUA ORANG TUA

Orang tua adalah tempat kita meminta segala biaya dan dukungan mereka. orang tua tentu tau kesanggupannya terhadap sekolah mana yang kita pilih. bukan hanya masalah biaya, bisa juga masalahnya orang tua kadang tidak bisa mengantar jemput karena jaraknya jauh, atau biaya sehari-hari yang mungkin kurang. jadi mintalah restu mereka sebelum memutuskan pilih sekolah mana ? dan inget "Keridhaoan Allah adalah keridhoan kedua orang tua". "Ridhollahu waridhol walidain"

4. PILIHLAH SEKOLAH BERDASARKAN HOBI DAN CITA-CITA

Mungkin ini tidak menjadi begitu pengaruh, tetapi bisa saja menjadi pertimbangan kita. jika kita ingin menjadi seorang Akuntan Publik misalnya, tentu harus melanjutkan sekolah ke jurusan Akuntansi di SMK. atau jika ingin menjadi seorang dokter bisa melanjutkan ke SMU jurusan Biologi/IPA , atau jika ingin menjadi seorang guru kalian bisa sekolah di mana saja, tetapi nanti kuliahnya sesuai dengan jurusan waktu SMK atau SMU.

Contoh jika ingin menjadi guru Elektronika, kamu bisa sekolah di SMK jurusan elektro kemudian kuliah di Universitas Keguruan (UNJ misalnya) jurusan Pendidkan Guru Elektronika.

Contoh lain jika ingin menjadi guru Agama Islam, bisa sekolah di Madrasah Aliyah, SMU atau SMK kemudian melanjutkan ke Universitas Islam jurusan PAI, Sastra Arab, dsb.

-----> : "saya yang penting sekolah pak sampai lulus, urusan pekerjaan, urusan rezeki di tangan Allah yang penting saya telah berusaha dan berikhtiar. dan berbuat yang terbaik, setelah itu masa yang akan datang saya serahkan kepada Allah SWT." ...... TOP.

Berikut ini nama sekolah di sekitar SMPN 266 Jakarta yang mungkin menjadi pertimbangan untuk melanjutkan sekolah :

1. SMU 114 Cilincing  ----> web nya
2. SMU 73 Cilincing  ----> web nya
3. SMU 52 Cilincing  ----> profil nya
4. SMK 36 Cilincing  ----> web nya
5. SMK 49 Marunda  ----> web nya
6. SMK 4 Rorotan  ----> web nya
7. SMU 92 Pemadam  ----> web nya
8. SMU 75 Asrama Yonair  ----> web nya
9. SMU 115 Rorotan  ----> web nya
10. SMK 12 Warakas
11. SMU 13  Permai

12. MAN 5 (Madrasah Aliyah Negeri) Marunda  ----> web nya
13. MAN 21 Rorotan

Untuk MAN di Jakarta jumlahnya sangat terbatas, dua diantaranya dekat dengan 266 yaitu MAN 5 dan MAN 21. MAN yang lainnya adalah sbb.

14. MAN 20 Pulogadung
15. MAN 9 Durensawit
16. MAN 4 Ciputat
17. MAN 2     man2jakarta.sch.id/ppdb
18. MAN 12    man12jkt.sch.id
19. MAN 10    www.man10jakarta.sch.id/ppdb
20. MAN 13   www.man13-jkt.sch.id
21. MAN 7  Jagakarsa
22. MAN 8  Kel. Cakung Timur  ----> web nya


(webnya ada yang belum ketemu... maaf, cari sendiri ya)

dan tentu saja masih banyak sekolah yang belum bapak sebutkan mungkin bapak lupa.

Demikian mudah-mudahan tulisan bapak dapat membantu kalian untuk memilih sekolah yang terbaik buat kalian semua. semua sekolah itu bagus. tidak ada yang di beda-bedakan. termasuk juga sekolah sekolah swasta di sekitar cilincing yang tidak bapak sebutkan seperti "Darul Maarif, Syahid, SMK PGRI 3, SMK PGRI 11, dsb.

Dari Informasi yang bapak peroleh bahwa PPDB tahun ini online dan berdasarkan zonasi yang di pilih usia tertua, untuk jalur prestasi akademik dari nilai rapot. Untuk MADRASAH ALIYAH PPDB biasanya dilaksanakan Onlen tetapi terpisah dengan WEB SEKOLAH UMUM. untuk webnya bisa menghubungi MADRASAH ALIYAH YANG BERSANGKUTAN atau coba intip dari web sekolah di atas.

untuk lebih jelasnya bisa di donload INFORMASI PPDB JAKARTA TH 2020 UNTUK SD, SMP, SMU dan SMK (Kecuali MIN, MTsN, dan MAN)  di   KLIK SINI.

Semoga kamu dapat melanjutkan sekolah ke sekolah pilihan terbaik kamu. dan pada akhirnya bisa mengantarkan kamu menjadi orang-orang sukses. amiin. doa bapak selalu menyertai kalian semua.

Wassalamualaikum Wr Wb.




No comments:

Post a Comment

PENGENALAN SEL DAN MIKROSKOP

 Assalamualaikum anak anak murid bapak semuanya... Apa kabar kalian semoga sehat ya... berikut ini bapak membuat TTS untuk menambah pemahama...