Sunday, November 2, 2025

MODUL KOKULIKULER TIK 266

 

Modul Ajar Informatika (TIK)

Nama Penyusun         

Rusdi Darmawan

Institusi

SMP N 266 Jakarta

Tahun Penyusunan

2025/2026  

Jenjang/Kelas

SMP/MTs (Kelas VII/VIII/IX)  

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (Disesuaikan)


🎯 Komponen Inti

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi dari fitur Energy Saver (atau Battery Saver/Power Saver) dan mode Sleep pada perangkat komputasi (laptop/PC/tablet).
  2. Menganalisis dampak positif penggunaan fasilitas saver energi dan sleep terhadap optimalisasi energi dan umur perangkat.
  3. Mempraktikkan pengaturan dan penggunaan mode sleep dan fitur energy saver pada sistem operasi (misalnya Windows, macOS, atau Android).

Pemahaman Bermakna

Menggunakan perangkat teknologi secara bijak adalah bagian dari tanggung jawab digital dan upaya konservasi energi. Fasilitas saver energi dan mode sleep bukan sekadar fitur teknis, tetapi alat nyata dalam menghemat sumber daya dan mengurangi jejak karbon.

Pertanyaan Pemantik

  1. Berapa banyak energi listrik yang terbuang saat kita meninggalkan laptop menyala tanpa digunakan?
  2. Apa perbedaan mendasar antara mematikan total (Shutdown), mode Sleep, dan mode Hibernate pada komputer Anda?
  3. Bagaimana cara perangkat lunak dan keras dapat bekerja sama untuk mengurangi konsumsi daya tanpa mematikan perangkat?

Profil Pelajar Pancasila

  • Mandiri: Peserta didik mampu mencari dan menerapkan pengaturan energi secara mandiri.
  • Kreatif: Peserta didik mampu menyajikan ide/solusi untuk kampanye hemat energi digital.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis data perbandingan konsumsi daya.

📝 Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 Menit)

  1. Apersepsi: Guru menampilkan gambar tagihan listrik yang tinggi atau berita tentang krisis energi.
  2. Motivasi: Guru bertanya, "Apa kontribusi terkecil kita dalam menghemat energi?"
  3. Orientasi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan.

Kegiatan Inti (70 Menit)

Tahap

Aktivitas Guru & Peserta Didik

Metode

Eksplorasi Konsep

Guru menjelaskan konsep konsumsi daya pada perangkat TIK dan memperkenalkan fungsi dasar dari Energy Saver dan Sleep Mode.

Ceramah Interaktif

Aktivitas Mandiri (Pencarian)

Peserta didik mencari informasi (via browser atau buku teks) mengenai cara mengaktifkan dan mengkonfigurasi mode sleep dan energy saver pada OS yang mereka gunakan (misalnya: Power & Sleep Settings di Windows).

Discovery Learning

Aplikasi dan Praktik

Peserta didik secara individu mempraktikkan pengaturan mode Sleep dan fitur Energy Saver pada perangkat yang tersedia di laboratorium/kelas.

Praktikum

Diskusi dan Analisis

Guru memandu diskusi tentang perbedaan konsumsi daya ketika perangkat dalam kondisi aktif, sleep, dan shutdown. Peserta didik menganalisis kapan waktu yang tepat menggunakan masing-masing mode.

Problem-Based Learning

Penutup (10 Menit)

  1. Refleksi: Peserta didik menyimpulkan manfaat optimalisasi energi melalui fitur TIK.
  2. Aksi: Guru menugaskan peserta didik untuk menerapkan pengaturan sleep mode di perangkat pribadi mereka di rumah.
  3. Penilaian: Guru melakukan penilaian formatif singkat (misalnya kuis cepat).

🛠️ Asesmen/Penilaian

Asesmen Diagnostik (Sebelum Kegiatan Inti)

  • Apa yang Anda ketahui tentang pengaturan daya pada komputer?
  • Apakah Anda sering menggunakan mode Sleep? Mengapa/Mengapa tidak?

Asesmen Formatif (Selama Kegiatan Inti)

  • Penilaian Praktik: Penilaian terhadap ketepatan peserta didik dalam mengkonfigurasi pengaturan daya.
  • Penilaian Diskusi: Observasi partisipasi dan kualitas argumen saat menganalisis dampak penghematan energi.

Asesmen Sumatif (Akhir)

  • Tes Tulis (Esai/Pilihan Ganda): Soal mengenai fungsi, perbedaan, dan dampak dari fitur Energy Saver dan mode Sleep (contoh: Jelaskan 3 manfaat menggunakan mode Sleep daripada membiarkan layar menyala).
  • Proyek Mini: Membuat poster digital atau infografis tentang "Tips Optimalisasi Energi Digital".

📚 Lampiran

Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik

  • Dokumentasi resmi dari sistem operasi (Windows, macOS, Linux) mengenai Power Management.
  • Artikel tentang konsumsi daya perangkat TIK dan jejak karbon digital.

Glosarium

  • Energy Saver: Fitur pada perangkat lunak yang membatasi kinerja CPU, kecerahan layar, dan aktivitas latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya.
  • Sleep Mode: Keadaan rendah daya di mana perangkat tetap menyala namun menggunakan daya minimum; semua aktivitas dihentikan dan dapat dilanjutkan dengan cepat.
  • Hibernate: Mode penyimpanan daya di mana data sesi disimpan ke hard drive dan perangkat mati sepenuhnya; membutuhkan waktu boot yang lebih lama daripada Sleep.
  • Optimalisasi Energi: Upaya untuk menggunakan energi secara efisien dan efektif untuk mencapai hasil maksimal.

Media Pembelajaran

  • Laptop/PC yang terhubung ke proyektor.
  • Modul/Lembar Kerja Praktik.
  • Akses Internet (untuk pencarian mandiri).

TUGAS PRIBADI :  SALIN KEMBALI MODUL DIATAS DI KERTAS DOUBLE FOLIO

TUGAS KELOMPOK  :  BUAT POSTER SEPERTI BERIKUT



 

No comments:

Post a Comment

REMEDIAL TIK KELAS 7 (BARU) dan IPA KELAS 8

TIK KELAS 7 KLIK DISINI ----> KLIK   <--- IPA KELAS 8 KLIK DISINI ----> KLIK <--- Untuk Remedial jumlah soalnya 8, kerjakan semu...