Monday, July 13, 2020

PENGERTIAN GERAK KLS 8

Pengertian Gerak – 

Gerak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perpindahan yang terjadi pada suatu benda terhadap benda lainnya. Suatu benda hanya dapat dikatakan bergerak apabila benda tersebut berpindah tempat atau pun berubah posisinya. Perpindahan tempat atau pun perubahan posisi sendiri biasanya dilihat menggunakan acuan tertentu. Jika sebuah benda tidak mengalami perubahan posisi terhadap benda acuan, maka benda tersebut tidak dapat dikatakan bergerak terhadap benda acuannya. Meskipun begitu, benda tersebut mungkin saja bergerak terhadap benda acuan yang lain. Misalnya orang yang menaiki mobil dai kota A ke kota B (orang tidak bergerak terhadap mobil, tetapi bergerak terhadap kota A).


Macam – macam Gerak

  1. Gerak Semu
Jenis gerak yang pertama adalah gerak semu. Gerak semu adalah gerak yang tidak benar – benar terjadi atau pun hanya gerakan semu belaka (ilusi).
  1. Gerak Ganda
Jenis gerak yang kedua adalah gerak ganda. Gerak ganda merupakan gerak yang terjadi secara bersamaan pada dua atau lebih benda.
  1. Gerak Lurus
Jenis gerak yang ketiga adalah gerak lurus. Gerak lurus merupakan gerak yang terjadi melalui lintasan lurus atau pun garis lurus. 
Jenis gerak ini dapat dibagi menjadi dua macam gerak, yaitu :
  • Gerak Lurus Beraturan – Gerak lurus beraturan merupakan gerak lurus yang terjadi dengan kecepatan yang konstan atau pun stabil (tidak berubah sama sekali).

  • Gerak Lurus Berubah Beraturan – Gerak lurus berubah beraturan merupakan gerak lurus yang terjadi dengan kecepatan yang berubah – ubah atau pun tidak konstan.


No comments:

Post a Comment

PENGENALAN SEL DAN MIKROSKOP

 Assalamualaikum anak anak murid bapak semuanya... Apa kabar kalian semoga sehat ya... berikut ini bapak membuat TTS untuk menambah pemahama...