\
KISI-KISI UJIAN AKHIR (ASASMEN SUMATIF SEKOLAH) SMPN 266 / MAPEL IPA / JAKARTA TAHUN 2023
- Disajikan gambar hasil pengukuran ( panjang, massa, waktu ), peserta didik dapat menghitung nilai besaran yang belum diketahui.
- Disajikan skema perubahan wujud zat, peserta didik dapat menentukan wujud zat dan perubahan – perubahan wujud yang belum diketahui.
- Diberikan gambar rangkaian alat untuk memisahkan campuran, peserta didik dapat menentukan contoh campuran yang dipisahkan dengan metode pemisahannya yang tepat.
- Disajikan gambar posisi matahari terhadap garis katulistiwa pada waktu tertentu, peserta didik dapat memprediksi musim yang dialami di kota tertentu dengan benar.
- Disajikan tabel jarak terhadap waktu atau grafik kecepatan terhadap waktu pada beberapa segmen gerak benda, peserta didik dapat menentukan jenis gerak tiap segmen dengan benar.
- Disajikan gambar beberapa gaya bekerja pada sebuah benda, peserta didik dapat menghitung besar gaya yang belum diketahui, jika jarak perpindahan dan usaha diketahui dengan tepat.
- Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menentukan besar kuasa / beban apabila kuasa digeser ke salah satu arah dengan tepat.
- Disajikan gambar gelombang longitudinal / transversal, peserta didik dapat menghitung variabel gelombang yang belum diketahui.
- Disajikan pernyataan tentang seseorang yang hanya dapat melihat pada jarak pandang tertentu, peserta didik dapat menyimpulkan cacat mata yang diderita, jenis lensa yang digunakan serta kekuatan lensanya dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi beberapa benda yang digosok dengan benda tertentu, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat dan perpindahan muatannya dengan benar.
- Disajikan beberapa gambar hambatan yang dirangkai secara seri / paralel / gabungan, peserta didik dapat menghitung hambatan pengganti pada rangkaian dengan tepat.
- Disajikan data / ilustrasi penggunaan beberapa alat listrik di rumah tangga, peserta didik dapat menghitung daya total selama waktu tertentu.
- Disajikan dua gambar cara pembuatan magnet, peserta didik dapat menentukan kutub yang terbentuk pada magnet buatan tersebut dengan tepat.
- Disajikan gambar beberapa benda dalam kehidupan sehari – hari, peserta didik dapat menentukan benda yang bekerja dengan prinsip induksi elektromagnetik dengan tepat.
- Disajikan gambar model atom, peserta didik dapat menentukan nomor atom dengan benar.
- Disajikan ilustrasi hasil uji tingkat keasaman tanah menggunakan indikator asam basa, peserta didik dapat mengidentifikasi tingkat kesuburan tanah.
- Diberikan pernyataan kegiatan manusia, peserta didik dapat memprediksi perilaku menghemat energi yang benar dalam kegiatan tersebut.
- Disajikan 4 gambar / pernyataan kegiatan makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri – ciri makhluk hidup tertentu secara berurutan.
- Disajikan sebuah gambar hewan / tumbuhan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan / tumbuhan yang memiliki kesamaan ciri pada option tersebut.
- Disajikan gambar / ilustrasi orang melakukan kegiatan, peserta didik dapat menentukan perubahan energi yang terjadi.
- Disajikan gambar 4 macam jaringan, peserta didik dapat menentukan jaringan mana yang menyusun organ tertentu.
- Disajikan 2 gambar jaring – jaring makanan dalam ekosistem yang berbeda dengan salah satu komponennya sama, peserta didik dapat memprediksi ekosistem yang akan terganggu atau yang stabil dengan alasan yang tepat.
- Disajikan ilustrasi / kasus kerusakan ekosistem, peserta didik dapat mendeskripsikan dampak pencemaran / kerusakan lingkungan.
- Disajikan gambar / pernyataan tentang tulang / otot / sendi, peserta didik dapat menunjukkan nama dan fungsi tulang / otot / sendi yang tepat.
- Disajikan gambar / peristiwa tertentu pada tumbuhan, peserta didik dapat menyimpulkan jaringan yang mempengaruhi peristiwa tersebut.
- Disajikan data / gambar tentang percobaan fotosintesis ( Ingenhousz atau Sachs ), peserta didik dapat menyimpulkan fungsi tahapan percobaan fotosintesis yang ditunjuk.
- Disajikan tabel hasil uji beberapa bahan makanan, peserta didik dapat memprediksi kandungan zat yang ada pada makanan tersebut secara berurutan.
- Disajikan gambar / ilustrasi proses pengeluaran pada alat ekskresi, peserta didik dapat memprediksi dengan tepat gangguan organ / bagian organ jika mengalami kerusakan.
- Disajikan gambar fase pembelahan sel, peserta didik dapat menentukan fase pembelahan dan proses yang terjadi dengan tepat.
- Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik dapat menjelaskan apa yang terjadi jika bagian yang ditunjuk mengalami gangguan.
- Disajikan empat gambar hewan, peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan secara berurutan dengan tepat.
- Disajikan gambar struktur putik dengan bakal biji, peserta didik dapat menjelaskan proses pembuahan yang terjadi dengan tepat.
- Disajikan tabel persilangan monohibrid intermediet, peserta didik dapat menentukan fenotip yang dihasilkan dengan tepat.
- Disajikan diagram tabel persilangan golongan darah, peserta didik dapat menginterpretasi genotip hasil keturunan dengan tepat.
- Disajikan daftar makanan, peserta didik dapat menentukan makanan yang proses pembuatannya menggunakan bioteknologi konvensional.
Untuk melatih kalian silahkan kerjakan soal dibawah ini :
LATIHAN SOAL <-- klik di sini
Jika kalian sudah mengerjakan lihat hasil latihan kalian di sini.
NILAI KALIAN <--- klik di sini
DONLOT SOAL VARIAN USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional <--- klik di sini
DONLOT SOAL USBN Th 2019 <--- klik disini
No comments:
Post a Comment