Saturday, November 25, 2023

KISI KISI SOAL SAS KELAS 7

  KISI KISI SOAL SAS KELAS 7


Assalamualaikum anak anak murid bapak, apa kabar kalian semoga sehat selalu, aamiin

Berikut ini bapak ingin menyampaikan kisi kisi SAS kelas 7. soal dan kisi-kisi SAS kelas 7 yang membuat adalah bu Eki Riyanti, S.Si. Sehingga murid yang di ajar oleh pak Nuryadi, S.Pd dan Pak Rusdi dapat mengikuti Kisi kisi yang dibuat oleh bu Eki Riyanti. 

Untuk memahami cara membaca kisi kisi adalah melihat indikator soal pada kolom ke 4. indikator soal adalah gambaran soal yang akan di ujikan. sedangkan kolom pertama adalah Capaian Pembelajaran yang hendak di capai.

KISI2 PAS IPA KELAS 7 SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

 

SATUAN PENDIDIKAN     : SMPN 266 JAKARTA

MATA PELAJARAN                        ILMU PENGETAHUAN ALAM

KURIKULUM                       : MERDEKA

KELAS                                   VII

 

NO

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI

ELEMEN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

NO. SOAL

BENTUK SOAL

LEVEL SOAL

1

Peserta didik mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temuipeserta didik mampu melakukan klasifikasi n benda berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimiamengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan,

Hakikat ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Zat dan Perubahannya

Apa itu sains

Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian salah satu cabang ilmu sains

1

PG

C2

Peserta didik dapat menyebutkan  salah satu tokoh sains internasional

2

PG

C1

Laboratorium IPA

Disajikan gambar alat laboratorium, peserta didik dapat menjelaskan fungsi alat laboratorium tersebut

3

PG

C2

Peserta didik dapat membedakan ruang laboratorium dengan ruang lain yang ada di sekolaah

4

PG

C2

Merancang Percobaan

Peserta didik dapat mengurutkan sitematika metode ilmiah dengan benar

5

PG

C1

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis variabel pada judul percobaan

6

PG

C3

Pengukuran

Peserta didik dapat membedakan data kualitatif dan kuantitatif

7

PG

C2

Disajikan tabel besaran pokok dan satuan, dan alat ukurnya, siswa dapat menentukan pasangan  besaran pokok dan satuannya dalam SI.

8

PG

C1

Disajikan pernyataan siswa dapat   menentukan  pasangan  besaran turunan dan satuannya dengan benar

9

PG

C2

Disajikan gambar pengukuran mistar, siswa dapat menentukan hasil  pengukuran dengan benar

10

PG

C3

Disajikan gambar pengukuran massa benda dengan neraca, siswa dapat menentukan hasil  pengukuran volume benda  tersebut

11

PG

C3

Wujud Zat dan Model Partikel

Disajikan gambar percobaan gas, peserta didik dapat menerapkan konsep zat.

12

PG

C1

Disajikan gambar 3 wujud zat peserta didik dapat menentukan sifat ke tiga wujud zat tersebut

13

PG

C3

Disajikan beberapa beberapa nama benda peserta didik dapat mengelompokkan wujud zat -zat tersebut

14

PG

C1

Disajikan karakteristik suatu zat, peserta didik dapat menjelaskan  wujud zat tersebut

15

PG

C3

Disajikan pernyataan sifat suatu zat peserta didik dapat memahami konsep partikel zat tersebut.

16

[U1] PG

C2

Perubahan Wujud Zat

Disajikan gambar model partikel zat peserta didik dapat menganalisa perubahan zat yang terjadi

17

PG

C2

Disajikan pernyataan suatu zat peserta didik dapat menjelaskan konsep pergerakan partikel zat cair

18

PG

C2

Peserta didik dapat membedakan pengertian mendidih dan menguap

19

PG

C2

Peserta didik dapat menentukan titik leleh dan titik beku

20

PG

C2

Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Disajikian pernyataan, peserta didik dapat membedakan perubahan Fisika dan perubahan kimia

21

PG

C1

Kerapatan Zat

Peserta didik memahami konsep kerapat zat

22

PG

C1

Peserta didik dapat menghitung pengukuran massa jenis suatu benda yang bentuknya tidak beraturan

23

PG

C3

Suhu

Peserta didik dapat menyebutkan pengaertian suhu

24

PG

C1

Peserta didik dapat menentukan jenis thermometer berdasarkan kegunaannya

25

PG

C2

Peserta didik dapat menjelaskan bahan pengisi termometer

26

PG

C1

Peserts didik dapat memahami konsep macam-macam termometer

27

PG

C2

Peserta didik dapat membandingkan  nilai termometer lain dengan termometer lain

28

PG

C3

Kalor

Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian kalor

29

PG

C1

Disajikan grafik hasil percobaan memanaskan air, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan kalor dengan kenaikan suhu

30

PG

C4

Peserta didik dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi besarnya kalor yang diperlukan/dilepaskan oleh suatu benda

31

PG

C1

Peserta didik memahami konsep perpindahan kalor

32

PG

C2

Peserta didik memahami konsep daya hantar panas

33

PG

C2

Peserta didik dapat menentukan proses aliran kalor dengan benar

34

PG

C2

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor jenis benda

35

PG

C2

Peserta didik dapat menghitung kalor suatu benda jika massa,  perubahan suhu, dan massa enis zat diketahui

36

PG

C3

Pemuaian

Peserta didik memaham konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

37

PG

C2

Peserta didik memaham konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

38

PG

C2

Disajikan tabel koefisien panjang beberapa logam, peserta didik dapat menentukan konsep pemuaian bimetal

39

PG

C4

Peserta didik dapat menentukan alat yang menggunakan  konsep bimetal dalam kehidupan sehari-hari

40

PG

C2


Demikianlah kisi kisi soal kelas 7 semoga bermanfaat. jika HP kalian tidak dapat membaca tabel tersebut ..... dibawah ini bapak hanya menampilkan satu kolom indikator soal yang bisa kalian baca agar menjadi lebih mudah.

INDIKATOR

  1. Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian salah satu cabang ilmu sains
  2. Peserta didik dapat menyebutkan  salah satu tokoh sains internasional 
  3. Disajikan gambar alat laboratorium, peserta didik dapat menjelaskan fungsi alat laboratorium tersebut
  4. Peserta didik dapat membedakan ruang laboratorium dengan ruang lain yang ada di sekolaah
  5. Peserta didik dapat mengurutkan sitematika metode ilmiah dengan benar
  6. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis variabel pada judul percobaan
  7. Peserta didik dapat membedakan data kualitatif dan kuantitatif
  8. Disajikan tabel besaran pokok dan satuan, dan alat ukurnya, siswa dapat menentukan pasangan  besaran pokok dan satuannya dalam SI.
  9. Disajikan pernyataan siswa dapat   menentukan  pasangan  besaran turunan dan satuannya dengan benar 
  10. Disajikan gambar pengukuran mistar, siswa dapat menentukan hasil  pengukuran dengan benar
  11. Disajikan gambar pengukuran massa benda dengan neraca, siswa dapat menentukan hasil  pengukuran volume benda  tersebut
  12. Disajikan gambar percobaan gas, peserta didik dapat menerapkan konsep zat.
  13. Disajikan gambar 3 wujud zat peserta didik dapat menentukan sifat ke tiga wujud zat tersebut
  14. Disajikan beberapa beberapa nama benda peserta didik dapat mengelompokkan wujud zat -zat tersebut
  15. Disajikan karakteristik suatu zat, peserta didik dapat menjelaskan  wujud zat tersebut
  16. Disajikan pernyataan sifat suatu zat peserta didik dapat memahami konsep partikel zat tersebut.
  17. Disajikan gambar model partikel zat peserta didik dapat menganalisa perubahan zat yang terjadi
  18. Disajikan pernyataan suatu zat peserta didik dapat menjelaskan konsep pergerakan partikel zat cair
  19. Peserta didik dapat membedakan pengertian mendidih dan menguap 
  20. Peserta didik dapat menentukan titik leleh dan titik beku 
  21. Disajikian pernyataan, peserta didik dapat membedakan perubahan Fisika dan perubahan kimia
  22. Peserta didik memahami konsep kerapat zat
  23. Peserta didik dapat menghitung pengukuran massa jenis suatu benda yang bentuknya tidak beraturan
  24. Peserta didik dapat menyebutkan pengaertian suhu
  25. Peserta didik dapat menentukan jenis thermometer berdasarkan kegunaannya
  26. Peserta didik dapat menjelaskan bahan pengisi termometer
  27. Peserts didik dapat memahami konsep macam-macam termometer
  28. Peserta didik dapat membandingkan  nilai termometer lain dengan termometer lain
  29. Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian kalor
  30. Disajikan grafik hasil percobaan memanaskan air, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan kalor dengan kenaikan suhu
  31. Peserta didik dapat menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi besarnya kalor yang diperlukan/dilepaskan oleh suatu benda
  32. Peserta didik memahami konsep perpindahan kalor
  33. Peserta didik memahami konsep daya hantar panas
  34. Peserta didik dapat menentukan proses aliran kalor dengan benar 
  35. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor jenis benda
  36. Peserta didik dapat menghitung kalor suatu benda jika massa,  perubahan suhu, dan massa enis zat diketahui
  37. Peserta didik memaham konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  38. Peserta didik memaham konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  39. Disajikan tabel koefisien panjang beberapa logam, peserta didik dapat menentukan konsep pemuaian bimetal 
  40. Peserta didik dapat menentukan alat yang menggunakan  konsep bimetal dalam kehidupan sehari-hari

OK anak anak selamat belajar ya......

jika kalian memerlukan latihan kalian bisa klik soal untuk latihan pada link berikut ini ---->soal latihan kls 7

wassalamualaikum wr wb


No comments:

Post a Comment

PENGENALAN SEL DAN MIKROSKOP

 Assalamualaikum anak anak murid bapak semuanya... Apa kabar kalian semoga sehat ya... berikut ini bapak membuat TTS untuk menambah pemahama...